SELAMAT DATANG DI BLOG SDN SENDEN PETERONGAN

Minggu, 01 Desember 2013

Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun Di SDN Senden Peterongan


Cuci tangan pakai sabun dapat melindungi seseorang dari penularan penyakit sebesar 30-40 % terutama penyakit diare dan kecacingan serta penyakit menuar lainnya seperti : diare, ISPA, Hepatitis dan influenza termasuk virus H5N1 dan H1N1”, demikian pernyataan Sri Suparmi dalam Penyuluhan CTPS di Lingkungan Sekolah

Kegiatan cuci tangan pakai sabun, berawal dari kegiatan kampanye global yang dicanangkan oleh PBB, tepatnya pada pertemuan air sedunia (Annual World Water Week) 17-23 Agustus 2008 di Stockholm Swedia. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, mencegah timbulnya penyakit, sekaligus menurunkan tingkat kematian akibat diare dan penyakit lain yang berhubungan dengan kebersihan.Badan Kesehatan PBB (WHO) menjelaskan, kedua tangan kita adalah salah satu jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Sebab, tangan adalah anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut dan hidung. Penyakit-penyakit yang umumnya timbul karena tangan yang berkuman, antara lain: diare, kolera, ISPA, cacingan, flu, dan Hepatitis A.
Meskipun distribusi sabun telah masuk ke hampir seluruh rumah tangga di Indonesia, rata-rata hanya 3% saja yang menggunakan sabun untuk cuci tangan. Selain itu berdasarkan survei environmental service program (ESP) tentang perilaku masyarakat terhadap kebiasaan mencuci tangan pakai sabun hanya 12 % yang melakukan sesudah buang air besar, 9 % setelah membantu buang air besar bayi, 14 % dilakukan sebelum makan, 7 % sebelum memberi makan bayi dan 6 % sebelum menyiapkan makanan.
Cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan cara mudah dan tidak perlu biaya mahal. Karena itu, membiasakan CTPS sama dengan mengajarkan anak-anak dan seluruh keluarga hidup sehat sejak dini. Dengan demikian, PerilakuHidup Bersih dan Sehat (PHBS) tertanam kuat pada diri pribadi anak-anak dan anggota keluarga lainnya. menyelamatkan hidup anak-anak agar terhindar dari berbagai penyakit menular dengan mengajak teman-teman dan masyarakat di sekitar untuk ikut membiasakan CTPS yang sederhana, mudah dan dapat dilakukan di mana saja sekaligus menjadikannya sebagai contoh kegiatan yang ada di Sekolah. Dalam rangka kegiatan tersebut SDN Senden bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang (Puskesmas Peterongan) mengajak siswa-siswi SD untuk membiasakan cuci tangan sebelum makan, tujuannya untuk melindungi siswa dari berbagai penyakit yang di ditimbulkan oleh kuman dan bakteri.(Eko)












0 komentar:

Posting Komentar