SELAMAT DATANG DI BLOG SDN SENDEN PETERONGAN

Senin, 29 April 2013

Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun dan Gosok Gigi Oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang



Pada hari Rabu, 10 April 2013 berlangsung kegiatan Sosialisasi sikat gigi dan cuci tangan pakai sabun di SDN Senden Peterongan. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk keaktifan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dalam mengkampayekan hidup sehat dan hal itu disambut baik para guru dan murid. Sebab selain mendapatkan pelajaran tentang pentingnya menyikat gigi yang baik, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk dapat mempraktekkan sikat gigi dengan baik dan benar.
“Yang terpenting dalam menyikat gigi yang baik adalah dengan gerakan lembut dan memutar. Gosok semua bagian permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. Untuk bagian dalam, gosok dengan posisi tegak. Sikat lidah untuk menyingkirkan bakteri, dan pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut,” Terang Pak Arif salah satu Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang saat melakukan Sosialisasi.


 “Jangan lupa gosok gigi 3 kali sehari, terutama pada malam hari sebelum tidur. Ketika sehabis makan dan mengemil snack, biasakan untuk berkumur dengan air putih agar menghilangkan sisa makanan di sela gigi,” pesannya lagi.
Pada usia sekolah, misalnya pada tingkat SD, banyak masalah kesehatan yang terjadi dikarenakan kurangnya kebersihan diri dari anak-anak tersebut. Sayangnya permasalahan ini hanya sedikit mendapatkan perhatikan, baik oleh orang tua atau para klinis serta profesional kesehatan lainnya. Pada umumnya mereka masih banyak memprioritaskan kesehatan anak balita. Karena itu, kegiatan seperti ini sangat diperlukan ke depannya bagi sekolah-sekolah dasar yang lain.

“Tujuan kegiatan ini adalah mensosialisasikan hidup bersih dan sehat bagi anak sekolah dan masyarakat. Pemahaman terhadap PHBS dan meningkatkan kesadaran kesehatan gigi dan mulut.
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk untuk peningkatan pengetahuan dan peningkatan PHBS. Sosialisasi yang dilakukan melalui kampanye ini untuk menurunkan angka kesakitan. Kampanye sikat gigi diharapkan mampu meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan gigi.(eko)

Foto oleh : Eko Setio Utomo, S.Pd
Guru dan Staff SDN Senden








 
 
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar