SELAMAT DATANG DI BLOG SDN SENDEN PETERONGAN

Jumat, 05 Juli 2013

JUMBERLI "JUM'AT BERSIH LINGKUNGAN" MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA


SDN SENDEN MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA

" SDN SENDEN GO GREEN"

 
Pembiasaan hidup bersih dan sehat harus dimulai sejak dini mengingat pembiasaan semacam ini akan membentuk karakter individu peduli pada lingkungan bersih dan sehat.
Upaya pembiasaan hidup bersih dan sehat di lingkungan di SDN Senden menjadi menu wajib seluruh warga sekolah terlebih lagi bagi siswa, sehingga untuk membentuk karakter siswa yang cinta kebersihan dan terbiasa hidup sehat, maka  setiap hari Jum’at minggu ke-2 dan ke-4 diadakan kegiatan Jum’at Bersih Lingkungan.

Perlunya lingkungan yang sehat, indah, rapi dan nyaman akan mempengaruhi mindset kita dalam berfikir dan belajar begitu juga dengan yang sering dilaksanakan oleh segenap Keluarga besar SDN Senden Kecamatan Peterongan pada setiap Jumatnya, mulai pukul 07.00 WIB s.d. Selesai yaitu melaksanakan kegiatan Jumat bersih. Seperti apa yang telah diprogramkan oleh Bapak Kardadi, S.Pd, M.MPd. selaku Kepala Sekolah, "kegiatan ini telah kami programkan untuk dijalankan setiap hari Jum"at , dan kedepannya akan kami agendakan juga kegiatan lainnya. Seperti menanam tanaman obat, lomba kebersihan kelas, penghijaun sekolah dll" katanya setelah selesai pelaksanaan kegiatan demi terwujudnya Sekolah ADIWIYATA
Kegiatan ini dilakukan bukan hanya didalam kelas masing-masing saja, tetapi juga dilakukan diluar kelas. seperti lapangan sekolah, kamar mandi/WC dan lain sebagainya. Diharapkan setelah kegiatan ini berlangsung, semua warga dilingkungan SDN Senden bertambah semangat baik dalam bekerja maupun belajar.

Menciptakan budaya bersih sebagaimana diterapkan di lingkungan SDN Senden tidak melulu hanya untuk lingkungan di dalam area sekolah, tetapi siswa juga diajak untuk berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan di luar sekolah (misalnya di jalan sekitar Sekolah dll) sebagai bukti bahwa warga Sekolah merupakan individu yang cinta lingkungan bersih dan sehat sekaligus memberikan contoh/suri teladan bagi warga sekitar sekolah untuk senantiasa peduli pada kebersihan lingkungan
Kegiatan dimulai setelah selesai melaksanakan senam pagi semua siswa tidak masuk kelas tetapi mengambil peralatan kebersihan untuk menyapu halaman, membersihkan ruangan kelas, membabat rumput yang tumbuh dekat kelas dan halaman sekolah.  sedangkan sampah plastik dan daun-daunan dibersihkan secara rutin oleh  siswa, penjaga sekolah dan  terkadang dibantu oleh guru dimana pada saat itu selesai mengajar. Terima kasih kepada bapak ibu guru yang begitu tulus bekerja.


Harapan kedepan, kegiatan Jum’at Bersih SDN Senden tidak hanya slogan dalam rangka adiwiyata saja, tetapi membawa dampak positif bagi seluruh warga sekolah serta masyarakat mengingat bahwa  "KEBERSIHAN SEBAGIAN DARI IMAN "(ES)





Lokasi : Sekitar Lapangan SDN Senden
Kelas : I - VI
Pukul : 07.00 pagi - selesai.
Hasil : 
- Membersihkan kaca pintu - Menanam Pohon - Merawat Tanaman - Membersihkan Rumput - Menata Kebun Sekolah-Membersihkan MCK dll.
Demikian Laporan Program Jumat Bersih di SDN Senden, Atas perhatian nya kami sampaikan terima kasih. 
  


0 komentar:

Posting Komentar